Senin, 26 September 2011

Cara membuka kunci rumah

Tehnik-tehnik membuka kunci rumah
  1. Alat yang umum digunakan dalam membuka kunci rumah lidi bandrek (baja pipih)
Cara kerja alat ini: pertama kita masukkan baja pipih berbentuk panjang dan kita gerak-gerakkan seperti gelombang dengan tujuan agar posisi pelor bisa sejajar dengan garis pembatas. Terdapat ratusan cara dalam membuka kunci rumah, tergantung pada tingkat kesulitan desain kunci rumah tersebut. Salah satu cara yang biasa digunakan oleh para ahli kunci adalah dengan membandrek. Alat bandrek sebenarnya cukup sederhana. Kita dapat membuatnya dari baja tipis yang dipipihkan (seperti yang biasa kita lihat dalam film James Bond). Alat ini juga dapat kita buat dari jeruji sepeda onthel, dari lingkaran dalaman BH wanita yang di dalamnya terdapat lingkaran besi baja atau dari baja yang berada di depan kaca mobil (tangkai wiper). Alat-alat tersebut seperti pada gambar 1.
  2. Baja pemutar (baja pipih berbentuk L)
Pembuatan baja pemutar hampir sama dengan pembuatan baja pipih nomor 1, perbedanya hanya terletak pada ujungnya berbentuk L. Alat untuk membuat baja pemutar ini cukup mudah didapat. Anda dapat membuatnya dari dalaman baja wiper atau jeruji sepeda yang kita pipihkan. Cara lain yang juga sangat mudah adalah dengan sebuah paku kita bengkokkan, kita pipihkan menyerupai gambar 2. Fungsi baja pipih letter L adalah untuk menggerakkan posisi anak kunci ketika kita membandrek. Pada posisi pintu terkunci, letter L biasanya diputar ke kanan (biasanya untuk kunci-kunci seperti kunci yale, sanghai, cisa, solid, dekson dan lain-lain). Namun pada jenis kunci khusus terkadang baja letter L biasanya diputar ke kiri.
  3. Gambar membandrek
Gambar ini adalah salah satu tehnik dari berbagai cara membandrek yang lazim digunakan oleh tukang kunci.  
  4.  Perputaran anak kunci
Inti dari sebuah kunci sebenarnya adalah bagaimana kita bisa memutar silinder yang terletak ditengah anak kunci agar kita dapat menggerakkan terminal dalaman kunci. Lalu bagaimana jika kunci kita hilang? Jika misalnya kunci kita hilang, mungkin tehnik dasar ini bisa Anda coba. Anda tidak perlu khawatir jika belum mampu mempraktekkan cara ini. Sebab sehebat apapun ahli kunci dalam membuka kunci yang hilang, tidak akan terlepas dari dua hal; pertama, bisa jadi dia telah terbiasa sehingga mampu membukanya; kedua, bisa jadi karena dia memang sedang beruntung sehingga mampu membukanya. Jadi, ketimbang Anda harus merogoh saku dan mengeluarkan uang sebanyak Rp. 30.000,- (harga standar di wilayah Jogjakarta) untuk memanggil tukang kunci, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya terlebih dahulu, bukan?.
Penulis : Ahli Kunci Jogja



3 komentar:

  1. Infonya detil juga pa, menarik buat para Ahli kunci seperti saya, trims

    BalasHapus
  2. gan bagaimana melepas silinder kunci pintu kaca dekson yg terletak dekat dasar pintu. Baut yg 3 bh sdh sy lepas. silinder hanya bisa maju mundur tak bisa di dorong keluar.

    BalasHapus