Senin, 26 September 2011

Rangkaian Rumah Kunci

Rangkaian Dasar Rumah Kunci












Rangkaian dasar kunci secara umum terdiri dari gagang kunci, terminal kunci, anak kunci (silinder), rangka slot-terpasang pada rangka pintu. 

Istilah-istilah diatas, kami memberikan nama tersendiri dengan bahasa yang diharapkan mudah diterima bagi pembaca. Sebagai orang yang lama berkecimpung di habitat kunci, begitu banyak problematika istilah kunci dengan berbagai bahasa planetnya sehingga membuat kita sulit untuk memahami.  Istilah pelor, istilah silinder, ini kami dapat dari komunitas ahli kunci yang kami anggap kompeten di wilayah jogja. Paparan tentang masalah kunci :
 Mekanisme Kunci
Teori dasar kunci intinya meletakkan posisi pelor-pelor kunci pada garis penghalang-posisi sejajar. Ini bisa terjadi apabila ukuran kunci sesuai dengan alur pelor kunci tersebut. Coba perhatikan gambar 1, pelor dibawah kunci menghalangi garis penghalang sehingga kunci tidak bisa memutar. Hal ini terjadi pada posisi tidak ada kunci atau kunci tidak sesuai dengan desainan pelor. Bagaimana pun upaya anda dalam memutar anak kunci tidak bakal berhasil.
Coba perhatikan gambar 2

 
Pada gambar 2, posisi pelor atas dengan garis penghalang pada posisi sejajar, situasi ini menyebabkan gagang kunci bisa anda putar ke kiri atau ke kanan, sehingga silinder kunci menggerakkan komponen terminal kunci yang ada di dalam. Posisi ini dinamakan kunci tersebut cocok dengan desain pelor-pelor kunci. Dengan bahasa yang simple, kunci tersebut memang pasangannya.

Penulis : Ahli kunci Jogja

1 komentar:

  1. Rajin ngeblog juga bos, sayang ga apdate lagi, buka jasa Ahli kunci kunci dimana bos?

    BalasHapus